Rabu, 16 Maret 2011

DERMAGA SEBUAH KEHIDUPAN

Kecamatan Bengalon terdiri dari sebelas desa. Dan salah satunya adalah Desa Muara Bengalon. Yang mana daerahnya terletak dimuara yang akan menghubungkan keluar sampai ke laut sangata.Desa Muara Bengalon memiliki luas wilayah 1553 Ha. Dengan jumlah penduduk sebanyak 1883 jiwa. Yang terdiri dari laki-laki 963 jiwa sedangkan perempuan 920 jiwa.Dengan jumlah penduduk miskin ( RTM ) sebanyak 123 KK.
Potensi desa muara Bengalon sebagian besar adalah tambak, karena letaknya yang tidak jauh dari laut sangata. Oleh karena itu, matapencaharian penduduk desa ini sebagian besar menggantungkan hidupnya menjadi nelayan dan penambak ikan laut dan ikan air tawar. Sebagian besar dari mereka kelaut pada saat malam hari dan kembali pada pagi harinya dan ada juga yang berangkat pada pagi hari dan pulang pada siang hari. Mereka hanya menambatkan perahu-perahu mereka disepanjang pinggir sungai begitu saja tanpa adanya tempat yang layak, sehingga pada saat musim hujan perahu-perahu tersebut kadang terbalik dihantam arus air sehingga karam dan rusak yang mengkibatkan matapencaharian mereka kadang terhenti. Oleh karena itu, dengan adanya program PNPM-Mperdesaan di desa Muara Bengalon tepatnya tahun 2007 masyarakat mengharapkan adanya pembuatan dermaga yang mempermudah dan melancarkan arus perekonomian masyarakat. Dermaga diharapkan menjadi tempat untuk menambatkan perahu-perahu mereka agar lebih tertata dan dermaga tersebut sekaligus menjadi tempat yang mempermudah kelancaran jual beli ikan hasil tangkapan baik masyarakat setempat maupun orang-orang yang datang dari luar desa.
Mengingat ada beberapa desa yang ada di kecamatan Bengalon yang terlebih dahulu di danai karena skala prioritas yang harus dilakukan pada program PNPM MP, sehingga dermaga tersebut baru dapat direalisasikan pada tahun 2009.
Dermaga tersebut dapat dilaksanakan tahun 2009 dengan jumlah Pagu Dana sebanyak Rp 74,473,000,-. Dengan rincian dana, untuk kegiatan sebanyak Rp 70,750,000,- dan UPK 2 % sebanyak Rp 1,489,000,- dan untuk TPK sebanyak 3% Rp 2.234,000,-. Adapun Volume dari kegiatan pembuatan dermaga tersebut adalah 8 x 12 m. Selain itu dermaga juga dimenangkan lagi oleh desa muara bengalon untuk dana T.A 2010 dengan jumlah total pagu dana RP. 108,127,000,00-
TERTANDA

FASILITATOR KEC.BENGALON

Tidak ada komentar:

Posting Komentar